RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 13 Palembang
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris Peminatan
Kelas/Semester
: XII / Ganjil
Materi
Pokok : Teks
interaksi transaksional; hubungan sebab
akibat
Alokasi
Waktu : 5 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
such ... that; so ... that)
|
·
Menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan
memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan percakapan tersebut.
·
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
·
Melakukan tindakan komunikatif yang telah
dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab
akibat sesuai dengan konteks.
|
4.1
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan
sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menirukan
percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab
akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
·
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
·
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
percakapan tersebut.
·
Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
·
Melakukan
tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi
terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.
·
Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
D.
Materi
Pembelajaran
• Fungsi sosial
Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
• Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
• Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan
pertanyaan keterangan (circumstance)
-
Kata yang
menyatakan hubungan dua keadaan benda dengan pengaruhnya: So ....that ...; Such
.....that ....
-
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan.
• Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan
yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA,
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G.
Sumber Belajar
·
Buku Bahasa
Inggris Peminatan Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (4 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi sosial teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi sosial teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
Mencatat
semua informasi tentang materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai
dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau
pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi sosial teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang akan selesai
dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Fungsi
sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Fungsi sosial
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Fungsi sosial teks interaksi transaksional
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Fungsi sosial teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Fungsi sosial teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan
Ke-2 (4 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur teks interaksi transaksional
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
Mencatat
semua informasi tentang materi Struktur teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan
pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait hubungan sebab akibat
|
|||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat
|
|||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang akan selesai
dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Struktur
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Struktur teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Struktur teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Struktur teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan
Ke-3 (4 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Pernyataan
dan pertanyaan keterangan (circumstance)
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance) dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pernyataan dan pertanyaan
keterangan (circumstance)
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance) oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Pernyataan
dan pertanyaan keterangan (circumstance)
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
Pernyataan
dan pertanyaan keterangan (circumstance)
|
|||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance) yang
sedang dipelajari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar